Rabu, 04 Januari 2012

Lingkungan Bisnis

Berdasarkan tulisan sebelumnya mengenai "Analisis Peluang Pasar", maka selanjutnya saya akan mencoba menjelaskan mengenai Lingkungan Bisnis dari produk yang dipasarkan tersebut. Lingkungan Bisnis ini meliputi produk itu sendiri, munculnya kompetitor (pesaing) baik dari produk yang serupa maupun produk yang sama namun berbeda jenis, juga upaya-upaya yang dilakukan agar produk tersebut dapat terus dibeli dan disukai para konsumen, sehingga penjualannya bisa mencapai angka yang diharapkan. Pertama adalah mengenai produk itu sendiri, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, produk yang dipasarkan oleh Aurora's Collection berupa kerudung - kerudung yang berhiaskan swarovski, payet jepang, dan batu kristal. Kerudung-kerudung tersebut dihias sedemikian rupa sehingga menghasilkan produk yang berkesan mewah, anggun, unik. Harga tiap jenis produk berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan dalam produksinya, dan bahan dasar yang digunakan pada produk tersebut. Dengan situasi dan kondisi lingkungan bisnis yang memang mendukung, mulai dari toko yang cukup besar dan memiliki tempat yang strategis, sehingga mudah dikenal masyarakat Sukabumi. Lalu daya beli dan minat masyarakat Sukabumi yang cenderung tinggi/konsumtif untuk produk fashion, dan kondisi pemasaran yang cukup mendukung dikarenakan masih sedikitnya butik-butik besar yang menjual kerudung-kerudung hias di daerah Sukabumi, menjadikan tingkat penjualan yang dicapai Aurora's Collection selalu berhasil mencapai target. Namun seiring berjalannya waktu, mulailah bermunculan kompetitor sebagai supplier lain dalam toko tersebut. Pada awalnya supplier yang bermunculan hanya mengeluarkan produk-produk yang sama namun dengan tipe/jenis yang berbeda, seperti kerudung dengan bordiran di bagian kepala atau pinggirannya, atau kerudung yang menggunakan hiasan tempel. Namun semakin lama, mulai datang pula supplier yang mengeluarkan produk yang serupa, hiasan dan motif yang 99% sama, yang merupakan produk orisinil kreasi Aurora's Collection sekaligus merupakan kerudung best seller di toko tersebut. Selain itu mereka menetapkan harga yang lebih murah daripada harga kerudung Aurora. Memang pada awalnya semenjak muncul kompetitor-kompetitor tersebut, penjualan Aurora mengalami sedikit penurunan. Namun pihak Aurora sendiri tetap berupaya terutama dengan menjaga kepercayaan dan kepuasan konsumen atas produk-produknya sehingga pihak Aurora lebih berfokus pada peningkatan mutu kerapihan jahitan, penggunaan bahan dasar yang berkualitas tinggi, dan peningkatan kreatifitas dalam motif dan hiasan pada kerudung. Untuk harga produk, pihak Aurora tidak bisa menekan lebih rendah lagi, karena memang harga yang ditetapkan menjamin pula kualitas produk yang dihasilkan, dan proses produksinya pun tetap dengan cara yang manual tidak dengan bantuan mesin dalam penjahitannya, demi menghasilkan hasil jahitan yang rapi dan halus. Saat ini penjualan Aurora sudah kembali meningkat dengan adanya inovasi model-model baru yang memang tidak dijual di tempat lain, dan diperolehnya kepercayaan lebih dari konsumen-konsumen lain dikarenakan produk Aurora diakui konsumen memiliki kualitas yang lebih memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar