Dalam
lingkungan masyarakat kita melihat bahwa ada perbedaan-perbedaan yang berlaku
dan diterima secara luas oleh masyarakat. Beragamnya orang yang ada di
suatu lingkungan akan membentuk status sosial dan kelas sosial. Status sosial
merupakan sekumpulan hak dan kewajian yang dimiliki seseorang dalam masyarakatnya,
sedangkan kelas sosial adalah stratifikasi sosial menurut ekonomi. Suatu
keputusan pembelian dan konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh salah satunya
kelas dan status social. Pengaruh dari adanya kelas sosial dan status sosial
terhadap pembelian dan konsumsi dapat terlihat dari pembelian akan kebutuhan
untuk sehari-hari, bagaimana seseorang dalam membeli akan barang kebutuhan
sehari-hari baik yang primer ataupun hanya sebagai penghias dalam kelas sosial
begitu berbeda. Para konsumen mungkin membeli suatu produk tertentu karena
produk-produk ini disukai oleh anggota kelas sosial mereka sendiri maupun kelas
yang lebih tinggi, dan konsumen mungkin menghindari berbagai produk lain karena
mereka merasa produk-produk tersebut adalah produk-produk kelas yang lebih rendah. Untuk
kelas sosial dari status yang lebih tinggi akan membeli barang kebutuhan yang
bermerek terkenal, ditempat yang khusus dan memiliki harga yang cukup mahal.
Sedangkan untuk kelas sosial dari status yang lebih rendah akan membeli barang
kebutuhan yang sesuai dengan kemampuannya dan ditempat yang biasa saja.
Status
dan Kelas sosial menunjukan preferensi produk dan merek dalam bidang-bidang
ter-tentu seperti pakaian, perabotan rumah, kegiatan pada waktu luang, dan
kendaraan. Beberapa pemasar memfokuskan usaha mereka pada satu kelas social.
Misalnya Shang Palace di Shangrila Hotel Singapura berfokus pada pelanggan
kelas atas, sedangkan kios makanan di pusat penjaja terbuka berfokus pada
pelanggan kelas menengah dan bawah. Gaya hidup dari lapisan atas akan berbeda
dengan gaya hidup lapisan menengah dan bawah. Demikian juga halnya dengan
perilaku masing-masing anggotanya dapat dibedakan sehingga kita mengetahui dari
kalangan kelas social mana seseorang berasal. Peneliti konsumen telah
menemukan bukti bahwa di setiap kelas sosial, ada faktor-faktor gaya hidup
tertentu (kepercayaan, sikap, kegiatan, dan perilaku bersama) yang cenderung
membedakan anggota setiap kelas dari anggota kelas sosial lainnya. Adapun
yang merupakan ukuran kelas sosial dari konsumen yang dapat diterima secara
luas dan mungkin merupakan ukuran kelas sosial terbaik terlihat dari pekerjaan,
pendidikan dan penghasilan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar