Kamis, 10 Januari 2013

Contoh Pengaruh Situasi dalam Perilaku Konsumsi

Pengaruh situasi sangatlah berbengaruh terhadap perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu barang atau produk. Faktor lingkungan adalah hal yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, terdapat 5 karakteristik situasi konsumen, antara lain :
1.    Lingkungan Fisik, yaitu sarana fisik yang menggambarkan situasi konsumen yang meliputi: lokasi, dekorasi, aroma, cahaya, cuaca dan objek fisik lainnya yang ada di sekeliling konsumen.
Sebagai contoh, sering kita lihat pada tempat hiburan Dunia Fantasi, banyak pedagang yang menjual minuman dingin dan eskrim, dan banyak pula pembelinya. Mengapa demikian? Karena situasi dan kondisi dari lingkungan tersebut memang mendukung untuk konsumen mencari minuman dingin setelah seharian penuh bermain dan mengitari kawasan Dunia Fantasi yang sangat luas. Sebaliknya, di lingkungan yang sejuk cenderung banyak pedangan yang menjual makanan dan minuman yang hangat, ada pula yang menjual syal dan sarung tangan rajutan. Jika barang-barang tersebut dijual di pantai pasti konsumen enggan membelinya. Oleh karena itu, jelas faktor lingkungan fisik mempengaruhi situasi pada pola konsumsi seseorang.

2.    Lingkungan Sosial, yaitu kehadiran dan ketidakhadiran orang lain pada situasi tersebut.
Dalam hal lingkungan sosial, hal ini dapat dipahami melalui contoh berikut. Mengapa sekarang ini banyak sekali pedagang yang menjual barang-barang bertemakan ‘couple’? Mengapa pula banyak sekali konsumen yang minat dengan barang-barang tersebut? Karena dalam lingkungan sosial mereka ada sosok orang lain yang dianggap spesial bagi mereka, entah itu sahabat, pacar, atau anggota keluarganya. Seperti halnya sekelompok perempuan yang bersahabat, biasanya ketika pergi ke suatu tempat wisata mereka cenderung akan membeli barang yang sama atau serupa sebagai tanda persahabatan mereka, atau biasanya terjadi pada anak kembar yang membeli barang-barang yang sama. Jika saat itu mereka tidak memiliki seseorang yang spesial, maka belum tentu mereka akan membeli barang tersebut.

3.    Waktu, yaitu saat perilaku muncul (jam, hari, musim libur, bulan puasa, tahun baru).
Waktu mungkin diukur secara subjektif berdasarkan situasi konsumen. Yang dimaksud subjektif disini karena waktu yang dimiliki seseorang tidak selalu sama dengan orang yang lain. Seperti contoh,  waktu libur seorang mahasiswa biasanya tidak sama dengan waktu libur siswa sekolah, atau waktu saat seseorang memutuskan untuk membeli produk A belum tentu sama dengan waktu individu lain, karena itu perhitungan waktu ini dikatakan subjektif. Sedangkan yang dimaksud faktor waktu disini adalah situasi yang dapat terjadi pada waktu individu melakukan konsumsi. Seperti contoh, biasanya bagi orang dengan aktivitas tinggi dan sibuk, biasanya mereka memilih untuk mengkonsumsi fast food atau makanan lain yang dapat dimakan dengan mudah, seperti roti isi, atau mie instan. Berbeda dengan wanita rumah tangga yang memiliki waktu lebih banyak di rumah, mereka cenderung memasak dan memakan masakan rumah.

4.    Tujuan, yaitu harapan yang ingin dicapai pada suatu situasi.
Misalkan konsumen yang belanja untuk acara keluarga di rumah akan menghadapi situasi berbeda dibandingkan belanja untuk kebutuhan sendiri. Ketika menghadapi acara keluarga situasi yang akan terjadi cenderung lebih formal karena itu mereka akan mempersiapakan segalanya secara teliti dan mendetil dibandingkan dengan belanja kebutuhan sendiri yang cenderung lebih santai.

5.    Suasana Hati, yaitu kondisi jiwa yang sesaat (misalnya perasaan khawatir, tergesa-gesa, sedih, marah) yang dibawa pada suatu situasi.
Faktor situasi hati ini lah yang biasanya paling paling mempengaruhi pada saat situasi perilaku konsumsi seseorang. Seperti contoh, banyak orang yang sedang sedih, lalu mereka cenderung banyak makan atau justru sebaliknya. Ada pula konsumen yang justru lebih tinggi pola konsumsinya ketika sedang merasa bahagia. Jadi jelas suasana hati merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi situasi perilaku konsumsi seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar